Parameter Kelayakan Proyek/Usaha

Secara umum parameter-parameter yang menyatakan bahwa suatu proyek/usaha itu dapat dikatakan layak antara lain :

  1. IRR atau Internal  Rate of Return adalah tingkat balikan suatu investasi dimana pada saat itu Net Present Value adalah 0. Suatu investasi dikatakan layak dan menguntungkan untuk dijalankan apabila IRR lebih besar dari cost of capital yang diasumsikan.
  2. NPV atau Net Present Value adalah selisih antara serangkaian penerimaan dimasa yang akan datang setelah dinilai saat ini (memakai discount factor) dengan pengeluaran (investasi) yang dilakukan pada saat ini. Suatu investasi dikatakan layak dan menguntungkan untuk dijalankan apabila NPV menunjukkan angka positif.
  3. Payback Period adalah untuk mengetahui berapa lama suatu investasi yang dilakukan akan kembali dengan cara mengurangkan investasi dengan rangkaian proceed (laba bersih + penyusutan + bunga + nilai sisa yang akan diterima.
  4. Benefit to Cost Ratio (BCR) adalah perbandingan antara serangkaian penerimaan dimasa yang akan datang yang dinilai saat ini (memakai discount rate) dengan pengeluaran (investasi) yang dilakukan pada saat ini. Suatu investasi dikatakan layak dan menguntungkan untuk dijalankan apabila BCR menunjukkan angka lebih besar dari 1 (satu).

Leave a comment

Filed under analisa kelayakan

Leave a comment